Uni Eropa Kucurkan Rp150 M untuk Responsif Musibah ASEAN

Uni Eropa Kucurkan Rp150 M untuk Responsif Musibah ASEAN

January 28, 2020 0 By admin

Uni Eropa menghibahkan Rp150 miliar (dengan anggapan kurs Rp15.000 per Euro) untuk tata atur dana responsif musibah di ASEAN. Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans ungkap dana hibah itu mempunyai tujuan menolong ASEAN tingkatkan kemampuan AHA Centre (Pusat Pengaturan Pertolongan Kemanusiaan judi online untuk Tata Atur Musibah ASEAN), dan menguatkan kualitas sdm di bagian kebencanaan lewat training serta transfer tehnologi.

Training itu gagasannya akan difasilitasi oleh Instansi Kontingensi Sipil Swedia (MSB) serta Tubuh Pengamanan Estonia (ESB). “Dari keseluruhan dana yang didistribusikan, 7,2 juta Euro dihibahkan langsung ke AHA Centre,” kata Dubes Driesmans diambil dari Di antara, Senin (27/1). Hibah langsung ke AHA Centre itu akan dipakai diantaranya untuk usaha mencegah seperti memantau musibah di daerah ASEAN. Direktur Eksekutif AHA Centre, Adelina Kamal ungkap hibah itu akan dipakai untuk membayar penguatan kelembagaan, baik dari bagian keuangan, fasilitas serta prasarana, sampai sdm.

Baca juga : Google Luncurkan Tiga Penerapan Penangkal Suka Smartphone

“Melalui program kerja sama ini, kami ingin membuat potensi lebih baik dalam memetakan efek kebencanaan,” kata Adelina. Menurutnya, beberapa negara ASEAN butuh tingkatkan potensi memberi respon musibah supaya ke depan instansi seperti AHA Centre bisa turut memberikan pertolongan kemanusiaan ke luar lokasi. “Dari EU kita belajar bagaimana memberi respon ke luar, apapun yang perlu difasilitasi oleh ASEAN sebab untuk sekarang, kita belum memiliki potensi kesana,” pungkas Adelina.