Perselisihan Minyak Sawit Tidak Pengaruhi Kerja sama Uni Eropa

Perselisihan Minyak Sawit Tidak Pengaruhi Kerja sama Uni Eropa

September 5, 2019 0 By admin

Kuasa Usaha ad Interim Misi Uni Eropa untuk ASEAN Lucas Cibor memperjelas jika kerja sama di antara Uni Eropa dengan ASEAN tidak akan dipengaruhi oleh masalah minyak sawit (palm oil) di antara Uni Eropa dengan Indonesia serta Malaysia. Karena palm oil adalah permasalahan di antara Uni Eropa dengan dua negara di ASEAN itu, bukan dengan ASEAN dengan regional.

“Permasalahan Palm Oil ialah komponen detil dari rekanan di antara EU dengan ke-2 negara Asean (Indonesia serta Malaysia),” katanya, waktu didapati selesai peluncuran ASEAN Blue Book 2019,di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Baca juga : Efek Gelombang Panas Eropa Beresiko Lebih Kronis Dari Awalnya

Hal tersebut, katanya, pasti sudah diakui oleh ke-2 lokasi itu. Dengan begitu diskusi permasalahan palm oil tidak masuk ke diskusi dalam hubungannya dengan kerja sama EU-ASEAN. “Jadi saya fikir baik EU serta Asean setuju jika itu semestinya tidak masuk jadi tema diskusi jalinan EU-Asean. Itu tempat kami serta saya berpikir beberapa negara Asean sepakat,” katanya.

Proses diskusi untuk sampai jalan keluar dari permasalahan itu, lanjut ia, akan diulas dengan bilateral di antara EU dengan Malaysia serta Indonesia. “Terkait dengan resolusi datasgp beberapa masalah itu, EU terkait dengan Malaysia, dengan Indonesia serta beberapa negara lain yang merasakan harus berdiskusi dengan kami berkaitan palm oil untuk memastikan jalan keluar ke depan,” pungkasnya.