Pemimpin Paling Tinggi Iran Ucap Negara Eropa Antek Amerika

Pemimpin Paling Tinggi Iran Ucap Negara Eropa Antek Amerika

January 19, 2020 0 By admin

Pemimpin paling tinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Jumat 17 Januari 2020 menuduh pemerintah Inggris, Prancis serta Jerman jadi “antek Amerika“. Dakwaan itu dikatakan ditengah-tengah desakan AS atas kesepakatan nuklir. Amerika Serikat sudah meneror untuk kenakan biaya 25 % pada import mobil Eropa bila pemerintah Uni Eropa terus memberi dukungan persetujuan nuklir, menurut Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer.

Diambil dari Kanal News Asia, Sabtu (18/1/2020), kesepakatan tahun 2015 itu dibikin di Wina di antara Iran dengan Prancis, Inggris, Jerman, Amerika Serikat, China serta Rusia. Tapi kesepakatan itu terancam buyar semenjak Presiden Donald Trump dengan sepihak menarik Amerika Serikat pada tahun 2018, sebelum menetapkan kembali rangkaian sangsi ekonomi yang makin intens pada Iran.

Baca juga : Liburan ke Florawisata San Terra Malang, Ingin Bergaya ala Meneer atau Noona?

Jadi respon, Tehran sudah dengan progresif kurangi beberapa loyalitas intinya pada kesepakatan yang dengan mencolok batasi pekerjaan nuklirnya. Inggris, Prancis serta Jerman di hari Selasa menginformasikan jika mereka mengawali apa yang disebutkan proses konflik untuk coba bawa Iran kembali pada kepatuhan penuh dengan komitmennya berdasar kesepakatan itu.