Eropa Luncurkan Satelit CHEOPS Untuk Dalami Dunia Alien

Eropa Luncurkan Satelit CHEOPS Untuk Dalami Dunia Alien

January 25, 2020 0 By admin

Satu misi planet ekstrasurya baru sukses mengeluarkan satelit Eropa, Rabu pagi, 18 Desember 2019, dalam usaha untuk lebih mengerti metrik dunia yang jauh. Wahana Eropa itu, yang disebutkan Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS), terlepas landas di atas roket Soyuz dari Guiana Ruang Center di Kourou, Guyana Prancis, pada jam 3:54 pagi EST (15:54 WIB). Soyuz sukses bawa CHEOPS ke orbit Bumi seputar 2,5 jam sesudah terlepas landas, kata perwakilan penyuplai peluncuran yang berpusat di Prancis, Arianespace, seperti diambil Ruang, 18 Desember 2019.

Misi penting CHEOPS ialah mempelajari bintang-bintang jelas serta relatif dekat yang didapati astronom mempunyai planet yang mengorbitnya. Melihat planet-planet yang didapati mengorbit bintang-bintang mereka penting untuk lebih mengerti karakter khusus, seperti berapakah lama orbitnya serta berapa besar planet-planet itu. Beberapa astronom tertarik untuk belajar mengenai kelayakhunian dunia yang jauh, yang beberapa bergantung pada apa satu planet berbatu (lebih dekat sama ukuran Bumi) atau berupa gas (lebih dekat sama ukuran Uranus, Neptunus, Saturnus atau Jupiter).

Baca juga : Jumlahnya Player Rainbow Six Siege Raih Rata-Rata Bulanan Paling Tinggi

“CHEOPS akan lakukan penilaian presisi tinggi ukuran planet waktu melalui di muka bintang inangnya,” catat petinggi Tubuh Antariksa Eropa (ESA) dalam gambaran misi. “Satelit ini akan konsentrasi pada planet-planet di rata-rata ukuran Bumi sampai Neptunus.” CHEOPS akan lewat “cara transit”, mengukur berapa banyak bintang inang meredup saat satu planet melewati mukanya dari sudut pandang wahana itu. Ini ialah tehnik planet ekstrasurya yang teruji serta benar.

Tehnik itu dipakai oleh teleskop luar angkasa pelopor NASA, Kepler, serta sekarang dipakai oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dari tubuh antariksa Amerika. CHEOPS ialah misi kelas kecil; harga seputar 50 juta euro ($ 55,7 juta dengan kurs sekarang).

Empat satelit yang lain masuk dengan CHEOPS dalam perjalanannya ke luar angkasa, yakni:

  • Satelit COSMO-SkyMed Generasi Ke-2
  • ANGELS (Argos Neo pada Generic Economical and Light Satellite
  • EyeSat, satelit untuk CNES.

OPS-SAT, satelit eksperimental untuk kontrol misi ESA.
Peluncuran Rabu pagi awalannya sebaiknya berlangsung 17 Desember, tapi permasalahan tehnis dengan roket mengakibatkan penangguhan sehari.